7 Keuntungan dan 5 Kerugian Membuat Kontes Blog

Kontes Blog7 Keuntungan dan 5 Kerugian Membuat Kontes Blog - Untuk membuat kontes blog tentunya memiliki keuntungan dan kerugian, dengan mengenali keuntungan dan kerugiannya, minimal anda akan lebih ceramat mempersyiapkan syarat, hadiah , waktu kontes maupun tujuan kontes. Dengan begitu anda dapat semakin berhati-hati dan dapat menghindari hasil yang tak diinginkan di akhir kontes.
Pada artikel ini, kita dapat melihat apa saja keuntungan dan kerugian dari membuat kontes blog.


Keuntungan :


1.    Menjaga Pembaca lama
Melalui kontes blog, anda bisa menjaga loyalitas pembaca lama blog anda. Dengan begitu anda tidak kehilangan pembaca lama anda

2.    Mendapatkan Pembaca Baru
Kontes blog bisa menjadi sarana promosi untuk mendapatkan pembaca baru. Dengan persiapan yang matang dan benar, kontes blog sangat efektif dalam meningkatkan pembaca baru blog anda.

3.    Membuat Viral Words dan Buzz
Yap, kontes blog juga bisa menjadi sarana yang amat baik untuk mempromosikan blog anda dengan menciptakan viral words dan buzz, semakin besar efek “buzz” yang bisa anda ciptakan, maka anda berpeluang mendapatkan banyak audiens pembaca blog yang akan mengunjungi blog anda. Kontes dengan Hadiah yang besar dan Unik, akan menciptakan efek promosi yang besar dan efektif.

4.    Mendapatkan backlink
Kontes berjenis review cukup bagus untuk mendapatkan backlink dalam jumlah besar. Dengan membuat kontes review, anda akan memberikan syarat untuk mentautkan link tertentu untuk menuju blog yang anda ingin promosikan. Karena kontes review memberikan hasil berupa backlink, maka dapat mendongkrak posisi SERP anda maupun PR Blog anda.

5.    Meningkatkan Partisipasi Pembaca blog anda
Membuat kontes blog bisa menjadi media interaksi dan partisipasi pembaca, dengan persiapan matang. Suatu kontes bisa menjadi sarana mendekatkan pembaca blog anda dengan anda.

6.    Membangun Komunitas
Dengan menyelipkan syarat harus menjadi suatu anggota di suatu forum blog anda, fanspage anda maupun twitter anda, dll di kontes blog anda, anda bisa membangun komunitas dari kontes blog yang anda senggelarakan.

7.    Meningkatkan PageViews
Tentu saja dengan kontes blog, PV blog anda bisa naik drastis. Apalagi meminta peserta kontes untuk mengomentari artikel-artikel lama blog anda.



Kerugian :
1.    Biaya Kontes lebih besar daripada untung yang didapat.
Jika tak di persiapkan dengan matang, membuat kontes bisa jadi akan memberikan hal yang tidak sesuai yang anda harapkan. Contoh,  tujuan awal anda promosi, akan tetapi biaya kontes blog yang harus dikeluarkan lebih besar daripada mempromosikan di jasa PPC Lokal.

2.    Peserta kontes banyak yang tak dapat hadiah
Biasanya, dalam kontes blog. Akan lebih banyak peserta yang sedih ( belum tentu kecewa lho ) karena tak mendapat hadiah dibandingkan yang senang karena mendapatkan hadiah. Efek yang dapat ditimbulkan, setelah menyelenggarakan kontes, tak terjadi peningkatan pengunjung yang berarti.

3.    Hasil Kontes kurang Memuaskan
Sama dengan poin pertama, jika tak dipersiapkan dengan matang-matang. Maka kontes bisa jadi tak memuaskan anda. Contohnya salah memilih kontes blog. Anda memilih kontes komentar untuk membuat buzz words. Tapi karena jenis kontes yang tak tepat, buzz words tidak tercipta.

4.    Cukup banyak waktu dan tenaga yang tersita karena kontes
Jika anda ingin membuat kontes blog, saya menyarankan untuk meluangkan waktu lebih banyak ke arah kontes. Karena anda harus memantau berjalannya kontes, dari mualai menjawab tanggapan, dll. Apalagi belum dengan jadwal posting blog anda.

5.    Buzz Words yang berujung Negatif
Yap, jika anda tak menyiapkan kontes dengan benar ( hadiah tak sesuai dengan jumlah peserta, syarat terlalu banyak, dll ) maupun tak mengelola kontes dengan  benar, apalagi tak menempati janji anda untuk memberikan hadiah kepada pemenang, akan membuat negative buzz words. Tersebarnya berita yang tak sedap mengenai blog anda.

Dalam membuat kontes blog, anda harus menyiapkannya secara matang-matang dari segi material maupun nama baik anda dan blog anda. Jadi, jangan hanya asal-asalan membuat kontes, yang penting ada hadiah anda langsung menyelenggarakan kontes. Yang terjadi malah anda terkena caci maki dll.
Intinya, persiapkanlah kontes blog anda secara matang-matang, publikasikan dan promosikanlah! Ingat, kontes blog anda sama saja dengan produk. Maka teknik marketing anda pun diuji juga. Semakin banyak peserta, membuktikan bahwa anda mempunyai teknik marketing yang bagus. - 7 Keuntungan dan 5 Kerugian Membuat Kontes Blog

Uptodate Tips-tips Blogging berbahasa indonesia?

Masukan Email Anda disini :

Atau Follow Blog Kami => KLIK DISINI!

3 comments :