10 Tip Cerdas Mendapatkan Banyak Komentar di Blog Anda

Komentar
10 Tip Cerdas Mendapatkan Banyak Komentar di Blog Anda - Sebenarnya ini sudah dijelaskan oleh rekan saya, tapi karena hanya satu poin yaitu CTA ( Call To Action ), kali ni saya akan berbagai lebih banyak tips daripada artikel sebelumnya.

Apa sih sebernarnya "RAHASIA" mempunyai blog dengan Komentar yang banyak?
Penasaran?

10 Tip Cerdas Mendapatkan Banyak Komentar di Blog Anda

1. Doronglah Pembaca untuk Berkomentar
Yap, doronglah pembaca untuk berkomentar dengan topik tertentu, tergantung dengan artikel yang kita tulis, Ingat! jangan ragu-ragu untuk meminta.

2. Permudah Pembaca untuk Berkomentar
Percayalah, hilangkan fitur "captha" pada blog anda, bayangkan saja, anda sudah bersemangat mau berkomentar di blog seseorang eh, malah ada "captha". Mungkin sebagian anda akan kesal dan langsung tutup tab, hahaha. Begitu juga pembaca blog anda, buat mereka mudah untuk berkomentar.

3. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca
Nah, Bahasa gaulnya adalah CTA atau Call To Action, Untuk tips Call To Action, bisa dibaca disini => Tips Mendapatkan Banyak Komentar

4. Berikan Insentif untuk Komentar di blog Anda
kalo soal begini, saya jadi ingat dengan "politik balas budi", berilah balasan kepada orang yang sudah mau berkomentar di blog anda, gak usah repot-repot kok, anda bisa memberi ebook, dofollow backlink, atau yang lain :).

5. Balas-lah Komentar Pembaca Blog Anda
Selagi komentar masih bisa belum banyak, alangkah baiknya kita menjawab komentar pembaca. siapa tahu dia menjadi pembaca setia blog anda.

6. Tulislah Artikel yang Memancing Perhatian Pembaca Blog Anda
Buatlah Aartikel yang memancing perhatian pembaca blog anda, dan memaksanya untuk berkomentar. Tapi, tip yang satu ini, jangan terlalu sering digunakan, yang ada malah pembaca blog anda tidak mau berkunjung lagi ke blog anda :D. wkwkwkwk.

7. Tulislah Artikel dengan Bahasa yang Santun
Walaupun gak begitu nda ada hubungannya dengan "Menarik Pembaca Untuk Berkomentar", tetap saja ada pengaruhnya, dengan bahasa yang santun, Insya Allah para pembaca akan berkomentar "positif" dan santun.

8. Membuat Kontes Komentar Terbanyak
Cara ini relatif berhasil, dengan membuat kontes komentar terbanyak ( jangan lupa hadiahnya :D ), maka pembaca akan tergerak untuk berkomentar karena melihat ada "hadiahnya". Poin penting, hadiahnya diusahakan harus menarik.

9. Berkomentar di Blog Lain
Sembari blogwalking, tidak ada salahya kita berkomentar. barangkali kita bisa mendapatkan pembaca baru dan tidak kecil kemungkinan menjadi pembaca tetap blog anda.

10. Mari Membangun Budaya Berkomentar yang Positif !
Hal ini harus dimulai dari blog anda sendiri, kalau anda sering membalas komentar dengan negatif, maka pembaca pun juga malas berkomentar di blog anda.

Bagi saya, komentar pembaca menjadi penyemangat saya dalam dunia blogging, di dunia blogging tak ada yang instan. Sabar dan persisten menjadi kuncinya.

Kalau menurut anda? Oh ya, Jika Anda mempunyai Tips yang LEBIH SIMPEL, KEREN, BRILIAN, boleh dong berbagi dengan saya? :) Berbagi itu baik lho. - 10 Tip Cerdas Mendapatkan Banyak Komentar di Blog Ada

Uptodate Tips-tips Blogging berbahasa indonesia?

Masukan Email Anda disini :

Atau Follow Blog Kami => KLIK DISINI!

4 comments :

  1. Wahh Manteb artikelnya . Blog nya juga rapih . Semoga adminnya mau Follow, Berkomentar dan Tukeran link dengan Blog sederhana saya --> http://share4rt.blogspot.com/

    Pasti deh saya Folback

    Semoga saja mau :)

    ReplyDelete
  2. @Eko Budi Santoso : hehehe.. Terima kasih, Insya Allah gan :D

    ReplyDelete
  3. bagus pisan blog nya mas...
    ajarin ane dong mampir ya www.artikelduo*com

    ReplyDelete