Mengapa Saya Memilih Niche Blogging? Apa Saja Keuntungannya?

niche blog
Mengapa Saya Memilih Niche Blogging? Apa Saja Keuntungannya? - Apa sih keuntungannya memilih niche blogging? bukannya susah tuh? mungkin anda akan terpikir seperti itu, apalagi anda yang baru memulai karir blog anda. Ada banyak macam niche blog, dari mulai gosip, game, teknologi, budaya, politik bahkan debat agama.

Anda bisa melihat mayoritas niche blog terpopuler di Top 100 Blogs Technorati, ada gaming, politik, berita, dan lain sebagainya.

Apa itu niche blogging? Niche Blogging adalah aktivitas blogging yang secara khusus dilakukan dengan cara membuat blog dengan topik tertentu.

Terus, kenapa "saya" memilih niche blogging? Ini dia Alasannya.

Alasan Saya Memilih Niche Blogging

1. Menjadi Spesialis/Ahli/Master
Jika anda memiliki niche blog memungkinkan anda fokus pada topik tertentu. dan menjadi spesialis dalam niche tersebut. maka teman anda mungkin akan sering bertanya pada anda pada niche yang anda spesialisasi.

2. Membangun Komunitas
Orang suka berkumpul dengan minat yang sama. yap, pembaca blog anda tidak hanya membaca blog anda. akan tetapi sekaligus berdiskusi dengan anda.

3. Memikat Pembaca Setia
Dengan tulisan yang berkualitas dan banyak orang yang membutuhkan, mungkin saja yang awalnya iseng menemukan blog anda. menjadi blog setia anda karena niche blog yang menjadi kebutuhan.

4. Menarik Iklan Mandiri dan Konteksual
Niche Blog juga berpeluang untuk menarik iklan konteksual ( seperti google adsense ), semakin relevan iklan yang ditampilkan, semakin banyak yang menge-klik. dan juga Iklan mandiri, niche blog sangat berpeluang menarik perhatian  para pemasang iklan.

5. Banyak Inspirasi untuk Menulis Artikel.
Yap, niche blog sangat banyak idenya untuk menulis, tidak percaya? ada problogger, shoemoney, bloggingtips, dll. walaupun bahasa inggris, bahasanya masih mudah di mengerti.

6. Konversi Lebih Tinggi
Jika anda ingin menjual blog/produk bisa jadi mempunyai konversi yang lebih tinggi. karena niche blog lebih targeted atau spesifik.

Selama saya mengurusi blog dengan niche blog, rasanya sih "happy-happy" aja. pasalnya sudah gampang menulis artikelnya, banyak manfaatnya lagi.
So, jika anda pusing memikirkan niche, niche blogging mungkin bisa jadi pilihan anda. - Mengapa Saya Memilih Niche Blogging? Apa Saja Keuntungannya?

Uptodate Tips-tips Blogging berbahasa indonesia?

Masukan Email Anda disini :

Atau Follow Blog Kami => KLIK DISINI!

9 comments :

  1. Sumber menulisnya niche blogging itu mudah dicari, cukup cari saja blog-blog luar yang relevan contohnya seperti diatas. Karena masih banyak orang Indonesia yang belum mampu membaca tulisan berbahasa inggris tapi tidak menemukan versi Indonesia. Ini adalah peluang yang sangat besar...

    Semoga bisa dimanfaatkan oleh blogger yang punya kemampuan sedikit lebih tinggi di bidang bahasa :)

    ReplyDelete
  2. @Arif Kurniawan: yap... betul sekali sudah saya tulis di poin ke 5. banyak inspirasi untuk ditulis :D

    thanks Mas Arif Kurniawan.. :D

    ReplyDelete
  3. wah share yang bagus gan... makasih

    ReplyDelete
  4. patut di coba (Y) tapi biasanya saya pakai di amazon yang beginian XD

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat Sob, terutama bagi saya yang dapat dibilang masih terhitung baru dalam menekuni kegiatan blogging.

    Salam kenal, salam berbagi, dan bila berkenan silakan kunjung ke blog saya.

    Sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Setuju gan, walau saya punya keduanya, yang multi tema ada dan yang niche atau tema tertentu juga punya. berdasarkan pengalaman, nulis untuk yang niche blog lebih fokus dan banyak ide. tetapi untuk yang multi tema terkadang dibuat bingung mau nulis apa. jadi pengalaman ketika nulis di penyakit-jantung.net (niche blog) lebih oke gitu.

    ReplyDelete
  7. Sangat membantu .. terima kasih ganz

    ReplyDelete
  8. wah, berarti agan ini master seo dong ya :D

    ReplyDelete