9 Tip Social Media Optimization ( SMO ) Untuk Blog

social media optimization
9 Tip Social Media Optimization ( SMO ) Untuk Blog - Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar atau bahkan tidak tahu tentang SMO. Kesempatan kali ini saya akan share 10 Tip Social Media Optimization ( SMO ) Untuk Blog.

Social Media Optimization adalah strategi promosi online dengan mengoptimalkan tools dan platform social media. Tools dan Platform Social Media adalah berbagai  media yang digunakan oleh pengguna internet untuk berbagi opini, berpendapat, berbagi pengalaman, berbagi pandangan dengan pengguna internet lain, dan masih banyak lagi.

Contoh social media antara lain :

1. Social Bookmarking
  • Digg
  • Delicious
2. Social Networking
  • Facebook
  • MySpace
3.  Microblogging
  • Twitter
  • Plurk
 dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana caranya mengoptimalkan atau mengoptimasi social media untuk blog anda? jika belum, yuk kita simak artikel berikut.

9 Tip Social Media Optimization ( SMO ) Untuk Blog


1. Buatlah  Konten Blog yang Layak Di-Link
Bayangka saja, jika anda promosi akan tetapi konten blog anda sendiri tidak bagus, siapa yang mau membaca. sebagus apapun teknik dan strategi SMO yang anda pakai, jika kontennya kurang memberi manfaat untuk pembaca, akan sia-sia strategi yang sudah anda buat.

2. Permudah Pembaca untuk Melakukan Sharing dan Bookmarking
Jika anda telah menulis konten yang layak untuk di link, selanjutnya anda haru mempermudah pembaca untuk sharing konten blog anda. sediakan tombol sharing dan book marking. anda bisa memanfaakan ShareThis, AddThis, dan lain-lain.

3. Buat Konten Blog Anda Tersebar
Yap, Jangan menunggu orang lain menyebarkannya. tapi Anda yang menyebarkan konten blog anda. dengan submit ke situs social bookmarking, share di facebook, tweet di twitter dan masih banyak lagi.

4. Permudah Pembaca Menggunakan Konten Blog Anda
Biarkanlah Pembaca atau orang lain mempermosikan konten blog anda. toh, anda juga untung, di promosikan secara gratis oleh orang lain. akan tetapi, jangan lupa untuk memberi syarat pada penggunaan artikel anda.

5. Bangun Komunitas Blog Anda
Anda bisa menggunakan fitur "Grup" di Facebook, untuk membangun komunitas blog anda. datangkan dengan member yang satu jalur, jika blog anda bertema game, undang member grup anda dengan para gamer. jika blog anda berisi dengan tutorial blog. undang para blogger.


6. Berilah Penghargaan atau Award untuk Pembaca Blog Anda
 Bayangkan, orang yang sudah mempromosikan blog anda secara cuma-cuma, tanpa pamrih. berilah penghargaan kepada pembaca blog anda. karena blog tanpa pembaca. itu blog  bukan apa-apa.

7. Bersikap Santun dan Jujur kepada Pembaca Blog Anda
Tidak hanya dunia nyata, bergaul di dunia mya pun kita harus santun dan jujur. jika anda melakukannya, itu akan mengingkatkan kepercayaan orang terhadap anda.

8. Terlibat dalam Aktifitas Social Media
Jika Anda bicara social media, anda harus aktif di dalamnya. terlibat dengan pembaca blog anda. dengan begitu, berita dari blog anda, bisa tersebar dengan cepat.

9. Coba dengan Hal yang Baru
Social Media selalu update tiap menitnya, tools, situs baru dan lain-lain. oleh karena itu, ayo mulai dengan hal yang baru.

Apakah anda sudah melakukan optimasi Social Media? jika belum, tunggu apalagi?

Jika anda mempunya pertanyaan silahkan bertanya di kotak komentar 9 Tip Social Media Optimization ( SMO ) Untuk Blog

Uptodate Tips-tips Blogging berbahasa indonesia?

Masukan Email Anda disini :

Atau Follow Blog Kami => KLIK DISINI!

8 comments :

  1. ane baru tahu gan klo twitter itu Microblogging... :D
    mantap gan infonya...

    ReplyDelete
  2. wahhh baca dulu ahhh, biar tau nih tentang sperti ini.... apa lagi seo...

    ReplyDelete
  3. Baca Dauhulu,
    Kalau masalah SEO jujur ane masih Awam =D

    ReplyDelete
  4. hehehe mantap uf infonya..
    baru tau ane kalo twitter mikroblogging..

    terima kasih uf :*

    ReplyDelete